OtomaX: Cara menghapus data reseller

Tuesday, July 28th, 2009 – 11:57 am

Ada saatnya kita ingin menghapus data reseller tertentu namun tidak bisa dilakukan melalui menu administrasi di OtomaX. Ini karena reseller tersebut sudah memiliki data transaksi dan OtomaX menolak untuk menghapusnya. Kenapa menolak?! Tidak perlu dibahas ya :)

Sementara menunggu update tentang penghapusan tersebut, berikut saya berbagi bagaimana cara menghapus data reseller secara manual langsung dari databasenya. Alat yang dibutuhkan adalah SQL Management Studio yang seharusnya sudah terinstal juga pada saat menginstal OtomaX.

Sambil menyelam minum air, sekaligus disini kita akan sedikit belajar tentang Structured Query Language (disingkat SQL, sebuah bahasa komputer untuk mengolah dan mengelola data pada database).

How To

Berikut adalah tahap-tahapnya, yang akan lebih enak jika dicoba sambil melihat gambar (klik untuk memperbesar) yang disertakan:

  1. Jalankan SQL Management Studio. Lalu di jendela sebelah kiri (object explorer), klik database yang akan menerima perintah dari kita. Dalam contoh adalah otomax.
  2. Di bagian kiri atas, klik tombol New Query. Tombol juga bisa diakses dari menu File.
  3. Di jendela tengah atas dengan latar putih, paste kode SQL berikut:
    DECLARE @kodereseller varchar(20)
    
    SET @kodereseller = 'KODE YG MAU DIHAPUS'
    
    DELETE FROM TRANSAKSI WHERE kode_reseller=@kodereseller
    DELETE FROM MUTASI WHERE kode_reseller=@kodereseller
    DELETE FROM RESELLER WHERE kode=@kodereseller
    
  4. Ubah teks KODE YG MAU DIHAPUS dengan kode reseller yang ingin dihapus
  5. Tekan tombol Execute atau tombol F5

Kesimpulan

  • Untuk menghapus data reseller, data-data yang terkait dengan reseller tersebut seperti transaksi dan mutasi harus dihapus terlebih dahulu. Databasenya memang dirancang seperti itu untuk konsistensi dan integritas data. Kita bisa lihat urutan penghapusannya dengan melihat kode diatas.

  • Ternyata SQL mudah dipelajari ya. Sintak dan simantiknya sudah sangat menyerupai bahasa manusia. Jadi semangat belajar SQL ?! :)

Tags: ,

  1. One Response to “OtomaX: Cara menghapus data reseller”

  2. Yup!, SQL memang mudah (meskipun sering lupa, mungkin karena jarang praktek kali y..) :).

    Saya telah banyak baca mengenai karya-karya Anda. Yang saya pikirkan saat ini, gimana ya caranya bisa sukses menjadi programmer seperti Anda? Saya lulusan IT, tapi ga bisa banyak berbuat dalam hal pemrograman, apalagi teknologi .NET. (Mungkin karena terlalu banyak membuang2 waktu untuk hal yang tidak berguna, atau mungkin kemampuan saya yg memang “segini”).

    Salam kenal,
    Jopan Hari Wantono

    Balas: Salam kenal. Saya juga belum sukses. Yang bisa saya lakukan cuma belajar dan berbuat sesuatu. Jangan lupa berdoa :). Thx

    By jopan hari wantono on Jan 10, 2010

Post a Comment