Penyakit Kaki Gajah (Filariasis)

Friday, June 27th, 2008 – 12:12 pm

Penyakit Kaki Gajah atau Filariasis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk.

Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Penyakit ini cukup banyak ditemukan di Indonesia.

Cara Penularan

Penyakit ini ditularkan melalui nyamuk yang menghisap darah seseorang yang telah tertular sebelumnya. Darah yang terinfeksi dan mengandung larva dan akan ditularkan ke orang lain pada saat nyamuk yang terinfeksi menggigit atau menghipas darah orang tersebut.

Tidak seperti Malaria dan Demam berdarah, Filariasis dapat ditularkan oleh 23 spesies nyamuk dari genus Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes & Armigeres. Karena inilah, Filariasis dapat menular dengan sangat cepat.

Gejala klinis

Gejala Filariais Akut dapat berupa:

  • Demam berulang-ulang selama 3-5 hari, demam dapat hilang bila istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat
  • Pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) didaerah lipatan paha, ketiak (lymphadenitis) yang tampak kemerahan, panas dan sakit
  • Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan kearah ujung (retrograde lymphangitis)
  • Filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah
  • Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas (early lymphodema)

Gejala klinis yang kronis berupa pembesaran yang menetap (elephantiasis) pada tungkai, lengan, buah dada, buah zakar (elephantiasis skroti).

Diagnosis

Bila seseorang tersangka Filariasis ditemukan tanda-tanda dan gejala klinis, diagnosis dilakukan dengan pemeriksaan darah jari yang dilakukan mulai pukul 20.00 malam waktu setempat. Seseorang dinyatakan sebagai penderita Filariasis, apabila dalam darah ditemukan mikrofilaria.

Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan dengan:

  • Berusaha menghindarkan diri dari gigitan nyamuk penular
  • Membersihkan tanaman air pada rawa-rawa yang merupakan tempat perindukan nyamuk, menimbun, mengeringkan atau mengalirkan genangan air sebagai tempat perindukan nyamuk
  • Membersihkan semak-semak disekitar rumah

-oOo-

Referensi:
Pusat Informasi Penyakit Infeksi

Tags: ,

  1. 62 Responses to “Penyakit Kaki Gajah (Filariasis)”

  2. cara menghindarinya?

    Balas: lihat bagian pencegahan

    By komang on Jul 14, 2008

  3. SEORANG BURUH TANI DI PELABUHAN RATU KABUPATEN SUKABUMI MENDERITA KAKI YANG BESAR ATAU DISEBUT JUGA KAKI GAJAH (FILARIASIS) SELAMA PULUHAN TAHUN// MESKIPUN MENDERITA KAKI GAJAH/ BURUH TANI INI RELA BEKERJA SEBAGAI BURUH TANI UNTUK MENGHIDUPI KELUARGANYA/////

    ***VO***
    YUDIN (55) WARGA KAMPUNG CIBOLANG/ ERTE LIMA ERWE TIGA/ DESA CITEPUS/ KECAMATAN PELABUHAN RATU/ KABUPATEN SUKABUMI SEMENJAK DUA PULUHAN TAHUN INI MENDERITA KAKI YANG BESAR ATAU DISEBUT JUGA KAKI GAJAH// AYAH BERANAK EMPAT INI BEKERJA SEBAGAI BURUH TANI YANG MENGGARAP SAWAH SEWAAN DI KAMPUNGNYA///

    SEBELUM MENGALAMI PEMBESARAN KAKI/ YUDIN MERASAKAN DEMAM YANG TINGGI/ NAMUN SETELAH DEMAM REDA/ KAKI SEBELAH KANANNYA TIBA-TIBA MEMBESAR DI MULAI DARI IBU JARI/ HINGGA SEKARANG KAKINYA MAKIN MEMBESAR///

    MESKIPUN RASA SAKIT DI KAKINYA TAK KUNJUNG REDA/ AYAH YANG BERISTRIKAN ENIH INI TERUS MENCANGKUL DI PEMATANG SAWAH UNTUK MENYAMBUNG HIDUPNYA///

    BERBAGAI CARA TELAH DIA TEMPUH UNTUK MENYEMBUHKAN PENYAKITNYA/ DARI MULAI DUKUN HINGGA DOKTER SPESIALIS PERNAH DILAKUKANNYA/ NAMUN PENYAKIT INIPUN YAK KUNJUNG SEMBUH///

    SB ( YUDIN / PENDERITA KAKI GAJAH )

    KEADAAN KAKINYA YANG TIAP TAHUN MAKIN MEMBESAR INI TERASA SANGAT SAKIT/ MESKIPUN RASA ITU TAK PERNAH DI HIRAUKAN/ TIDAK PUNYA UANG ALASAN UTAMA YUDIN UNTUK [PERGI KE DOKTER/ JANGANKAN PERGI KE DOKTER/ UNTUK BIAYA HIDUP SAJA SUDAH PAS PASAN///

    JIKA PENYAKITNYA KAMBUH/ HANYA MANTRI DESA YANG MENGOBATI DENGAN MENYUNTIKAN OBAT ANTI BIOTIK SAJA///

    YUDIN YANG TIDAK MEMPUNYAI ASKESKIN INI BERHARAP KEPADA PEMERINTAH KABUPATEN SUKABUMI AGAR BISA MEMPERHATIKAN PENYAKITNYA INI///

    PENYAKIT KAKI GAJAH ATAU FILARIASIS ADALAH PENYAKIT MENULAR YANG DISEBABKAN OLEH CACING FILARIA YANG DITULARKA MELALUI BERBAGAI JENIS NYAMUK///

    PENYAKIT INI BERSIFAT MENAHUN/ KRONIS DAN BILA TIDAK MENDAPATKAN PENGOBATAN/ DAPAT MENIMBULKAN CACAT MENETAP BERUPA PEMBESARAN KAKI/ LENGAN DAN ALAT KELAMIN BAIK PEREMPUAN MAUPUN LAKI-LAKI/ PENYAKIT INI CUKUP BANYAK DI TEMUKAN DI KABUPATEN SUKABUMI///

    RIZKI GUSTANA/ INDOSIAR/ SUKABUMI/ JAWA BARAT

    By RIZKI GUSTANA on Jul 24, 2008

  4. penYkiT iNi hRs dBeranTAs sEcePtnya

    n hRs AD penyuluhan di daerah”
    jGn hNya di daERah tERpencIL
    COnTOHNa D daERAh jakarta

    By mita on Aug 11, 2008

  5. Ada vaksin atau obat yg bisa terhindar dr penyakit ini?soalny skrng didpk lg ada pemberian obat pencegah gratis.tu bermanfaat ga?thanks b4

    By Suci on Aug 12, 2008

  6. itu obat yg di berikan secara gratis bener kagak sih??

    By Jerry on Aug 31, 2008

  7. apkah pd gjla akut pd mula ny pmbengkakan yg tjdi sprt bentol?dan apkah mnimbulkn rsa gtal pd pmbengkakany?

    By eka on Sep 3, 2008

  8. apakah penyakit kaki gajah hanya di tularkan oleh nyamuk saja?
    jika iya,kenapa?

    kenapa di lakukan tes pd ujung jari&pd jam 20.00 malam?

    By cha on Sep 12, 2008

  9. perangi kaki gajah…………..
    belah tnya ga?
    selain pengegahan menggunakan obat anti nyamuk ada obat alaminya ga?kalau obat anti nyamuk (baigon&bakar) itu kan sama sja menimbulkan penyakit baru di dalam pernafasan.gama dong?

    By sakuragi_holix on Oct 25, 2008

  10. wala…….
    mengerikan banget sih ni penyakit!!!!
    makaya kemana” bawa soffel supaya maknyos
    tapi nda menjamin ntu soffel klo dah terjadi ya terjadi aja ….

    semua kejadian Tuhan yg membawa pasti di semua itu ada jalan keluarnya

    By andi on Nov 5, 2008

  11. Risiko penularan penyakit ini sebenarnya sangat kecil. Pemerintah juga sudah melakukan berbagai upaya untuk penanggulanggannya. Tapi kok penyakit ini masih ada juga ya… terutama di daerah terpencil yang akses pelayanan kesehatannya sulit.
    Prinsip epidemiologi kayaknya harus diterapkan dalam pemberantasan penyakit ini. Daerah yang ada penyakit filarianya lebih dari 1% harus dilakukan pengobatan massal. Kalau pengobatan massal berjalan sesuai dengan standar penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya…

    By santoso on Dec 13, 2008

  12. mari kita brantas penyakit kaki gajah.biar kota kita aman dari penyakit kaki gajah oke.

    By edo link on Jan 9, 2009

  13. Maaf saya boleh bertanya sedikit karena terus terang saya belum banyak tahu tentang penyakit ini.
    Apa bedanya penyakit kaki gajah ini dengan bisul??
    karena gejala awal bisul kan jg sama. nampak kemerahan dan sakit.
    Trima kasih

    By Fitri on Jan 27, 2009

  14. halo, sy di semarang di tengah kota, kebetulan di blkg rmh ada kebun cukup luas yg tiap bulan kita bersihkan rumput dan semaknya. sebulan lalu tepatnya saya tiba2 gak bisa jalan karena semua sendi dan tulang nyeri luar biasa,hari kedua demam 1 1 hari minum paracetamol sembuh. tiga hari kemudian kaki bengkak di tungkai dan telapak kaki. sdh ke dokter juga. cek ke lab anemia hemoglobin hanya 9 , asam urat dan rematik negatif. cuma sampai sekarang setiap habis duduk agak lama atau bangun tidur tungkai bengkak dan nyeri di sendi2. padahal sdh kedokter 3 kali . diagnosa cikungunya apa ini sama dengan kaki gajah? karena kalau cikungunya kata dokter akibat virus dari nyamuk cikungunya dan bisa sembuh. setelah baca artiket diatas saya takut ini juga menahun, ada yg bisa advise? sy sdh ke dokter 3 x

    Balas: ada yg bisa bantu?

    By ican on Feb 17, 2009

  15. Apakah sudah ada obatnya utk penyakit kaki gajah ini. baginyg sudah terkena penyakit.Tolong donk para ahli kedokteran teliti pada penyakit ini. Hrskah di operasi???

    Makasih

    By Ibu RT on Feb 26, 2009

  16. kaki gajah merupakan suatu penyakit yang berbahaya

    walau jarang didengar namun berdampak sangat buruk karena dapak merusak baik fisik mental hingga nurani dan jati diri untuk menjadi seorang yang m inder

    By MAYA on Mar 17, 2009

  17. ass ak m nanya apa ada cara pencegahan yg lebih mudah?klo pke sofel/baigon bisa ilng g?nyamukny pasti kebal orng darahny banyak sy prnah menemukany di kasur ak pkl eh darahny g bs ilng ckp segini pertny an ak wass trims

    By Luthi on Mar 29, 2009

  18. saya mengalami bentol-bentol tidak jelas sejak hari kamis 9 April 2009, tidak disertai demam. bentol ini kalau makin digaruk (karena gatal sekali) makin banyak dan makin besar. setelah itu meninggalkan bengkak merah. Apa ini penyakit kaki gajah?

    By Kristop on Apr 12, 2009

  19. Ass
    w mau nanya di persendian w ada bercak2 merah tapi gk sakit seperti parises.
    ex= dipersendian lengan dan di persendian paha. .
    W takut’a kaki gajah. .

    Tolong jawab y. .

    By Aan on May 3, 2009

  20. knp pengobatan massalnya hrs 5 th?

    By ghaby on Jun 22, 2009

  21. Kaki gajah skrg uda tmbul lg,
    kLo di 1 daerah uda kna kaki gjah,biasa nya infEksi thpd h0sPes laen bsa sja tjadi,
    sbB nyamuk mengGiGit org yg skt dan mikr0filaria w.bAncr0fti ikt thsap,
    jd saAt menggiGit h0sPes yg shat mikr0filaria ikt msuk pereDaran darah,
    jaga kbersiHan diri dan lingkungan untk kshtan berSama!

    By renty on Jun 23, 2009

  22. sekarang di tempat aku lagi ada pembagian obat gratis u/pencegahaan penyakit filariasis,aku dukung usaha ini agar tidak ada lagi wabah kaki gajah di daerah kita. Dan harapan saya setelah ada pembagian obat tersebut ada kesadaran dari kita u/ minum obat tersebut.jangan di simpan saja

    By srie on Jun 24, 2009

  23. jika seseorang sudah terkena kaki gajah,langkah apa yang harus di tempuh?,apa ada jaminan dari pemerintah untuk membantu penderita?,yang sangat di sayangkan banyak yang tidak mengetahui jenis penyakit ini.trima kasih

    By lukman on Jun 30, 2009

  24. ass…
    sya harun d tngrang..?mengenai penyakit kaki gjah ne,apakah da obatnya..?dan apkah bsa cra pengobtan’a melalui jamu-jamuan/pa gt..?lw bsa pmerintah melkukan pemeriksaan ke tiap daerah d pelosok/d kota2 setiap 1 blan sX..?agar rakyat indnesia sehat slalu…?dan pmerintah pun harus bertindak lbih cpat lg sblum penyakit ne menyebar lbih luas…?trutama d kalangan remaja dan anak2…?

    By harun on Jul 7, 2009

  25. Kepada Yth.
    Sdr.Komang
    Saya baru baca berita adanya penderita Kaki Gajah dari Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi .
    Kasus tersebut perlu ditindak lanjuti untuk dapat perawatan sebagaimana mestinya.
    Silakan laporkan pada Dinas Kesehatan Setempat dan Tembusan Ibu Ani Rohani Dinkes Prop.Jawa Barat.
    Dari

    Muhamad Yasin
    Filariasis Center

    By Muhamad Yasin on Aug 24, 2009

  26. Ass…
    Sy mw tya
    Sy pya pnykt di kaki
    bentol2 merah n trSa skt
    bentolnya muncul pa bila sy byk brgerak n kcapekan.
    Dh srg bgt sy kdokter
    tp dkter ga tw jg pa sbnrnya nama pnyakit sy ne.Krn sktnya hya pd kaki j didaerah betis.Dh di foto jg tP ga da apa2.Kt dkter kmgkan sy cacingan n stlh tU sy LGSg mNm obt cacing trnyta smbuh tp stlh 1bln kmudian muncul lg.Pa kh ne jg trmsuk kaki gajah?Tlg djawab y thanx

    Balas: ada yg bisa bantu?

    By Richa on Sep 8, 2009

  27. hy,sya mw nanya.
    tadi saya kaki’y d’gigit nyamuk tpi yg kanan terasa pegal stlh,d’gigit..
    ;klw terasa pegal gejala penyakit kaki gajah bkn y?
    ;dan bagaimana cara menghindar gigitan nyamuk d’saat kita tidur mlm?sdngkan kta gk bsa mengkontrol diri kita d’saat tertidur,obat nyamuk skrng pun sudah tidak mempan pada nyamuk krna nyamuk sudah kebal..

    tlong jelasin y..!
    thanks sbelum’y..

    By ditha on Nov 4, 2009

  28. tadi di puskesmas ada pembagian obat gratis untuk mencegah penyakit kaki gajah,tetapi saat tetangga saya makan tyuh obat di muntah2..saya jd tkut untuk minum obat itu…gimana donkkk

    tolong jelasin ya..
    thanks ya….

    by nia on nov10,2009

    By nia on Nov 10, 2009

  29. Gimana efek sampingnya klw minum obat gratis untuk pencegahan kaki gajah ? & seberapa efektifnya klw minum obat tersebut?

    By mardodatin on Nov 11, 2009

  30. gila. .

    By see ladd exp brain on Nov 13, 2009

  31. ngeri sekali.

    By see ladd exp brain on Nov 13, 2009

  32. di kab bandung sudah diberikan obat anti KG tapi koq malah pada sakit bahkan sampai ada yg meninggal? jadinya kita takut makan anti KG.apa segitu beratnya pengorbanan yang harus ditanggungwarga?koq seperti main2 tidak disosialisasikan, tidak dijelaskan plus minusnya.kami sangat bingung seperti menghadapi buah simalakama.
    bagaimana ini, kami takut ditubuh ada virus KG tapi kami juga takut minum anti KG?
    terimakasih

    By aan on Nov 15, 2009

  33. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, marilah kita jaga kebersihan lingkungan supaya terbebas dari berbagai macam penyakit menular seperti Penyakit kaki Gajah ini.

    By Sesia Payung Sebelum Hujan on Nov 15, 2009

  34. apakah bayi umur 6 bulan juga bisa kena kaki gajah??

    By nur on Nov 17, 2009

  35. ya Allah, angkatlah segala musibah yang menimpa negeri kami.

    By arif on Nov 18, 2009

  36. Penyakit ini semakin membuming layaknya kpk vs polri, padahal penyakit ini sudah jaman dulu ada..tapi masyarakat perlu tahu penyakit ini menyerang siapa saja baik itu bayi yang lahir sampai tua renta.penyakit ini disebabkan oleh nyamuk..kalo sudah nyamuk berarti penyebarannya cukup luas.penyakit ini semakin santer terdengar daerah ambon dijadikan epidemi.bandung, tangerang bahkan serang.Untuk pengobatan yang kemarin dikonsumsi hedaklah hindari kondisi orang yang:
    1.punya penyankit kronis, seperti jantung, ginjal, hipertensi dll
    2.Anak dibawah 2 tahun
    3.Ibu menyusui
    4. Ibu hamil
    5.Sedang mengalami sakit panas dll
    Oleh karena itu banyak cari info dari dokter atau depkes di tempat masing2 dan terakhir banyak berdo’a sama Allah Subhana Wata’ala

    By rifq on Nov 19, 2009

  37. percumah para doktor memberikan obat gratis tp tdk d lakukan dgn penyuluhan langkungna yang tetap kotor bau dll……..

    By feri viguna on Nov 19, 2009

  38. apa yang harus w lakuin klo ternyata w trkena pnyakit kaki gajah.naudzu billah.smoga kita smw dlindungi allah dri penyakit yg membahayakan kitj.amien

    By neng geulis on Nov 20, 2009

  39. seharusnya pemerintah harus memberikan kesehatan gratis atau memberikan biaya kesehatan yg murah buat orang-orang yang tidak mampu.

    dengan begitu insya allah pnyakit yang seprti ini dapat di atasi..

    trima kasih ^^

    By icha on Nov 20, 2009

  40. faksin nya belum ada mengenai endemi kaki gajah, tapi yang saya herankan bagai mana cacing bisa menyebar penyakit melalui nyamuk? padahal kapasitas nyamuk untuk membawa jenis cacing ini tidak terdeteksi,,,,, ini harus segera di hilangkan kalau tidak hampir setiap 1 juta penduduk indonesia mengidap penyakit ini…

    By cawil on Nov 21, 2009

  41. Saya pun takut sekali dengan penyakit ini, bisa menjadi kan KLB, bila kita tidak serempak melaksankan 3M dengan rutin , terus menerus dan selalu membawa anti nyamuk oil,karena lingkungan di kita kebanyakan banyak masalah, bila ada obat cacing seperi DEC sesuaikan dengan dosis yg benar,dan mebendazol juga paracetamol, nah kalo kita tkut gawat ! mari kita lawan penyakit ini dengan memberi pengertian kita ke teman terdekat

    By Bambang Asep hidayat on Dec 1, 2009

  42. untuk mncegh pexkit ini hars dimulai dri kesadarn dri sndri, dan harus terbiasa hidup brsih,, ok !!!
    hidup brsih dri skarang,,,, BISA !!

    By miftha mustafa on Dec 2, 2009

  43. Permisi nupang tanya,saya baru sehari ne mengalami pembengkakan(benjolan sperti habis disengat lebah)akan tetapi sebelum terjadi pembengkakan tersebut sehari sebelumnya seingat saya, saya sempat digigit serangga sehingga menjadikan tangan saya sperti benjolan kecil sperti habis digigit nyamuk pertanyaan saya apakah kemungkinan saya mengalami gejala kaki gajah?akan tetapi sebelumnya saya tidak mengalami gejala kaki gajah?Trims

    By Dhe on Dec 2, 2009

  44. apa kah penyakit kaki gajah dapat menular dengan cepat?dan bagai mana cara menyembuhkan nya?

    By togok on Dec 3, 2009

  45. Assalamualaikum… numpang nanya memungkinkan tidak kalau nyakmuk didaerah endemis terbawa melalui alat transportasi, terus gigit bisa terjadi Filariasis?

    By Nevi Kuspiana on Dec 4, 2009

  46. numpang nanya ya, klu anak2 bisa terjangkit ngak?

    balas: sepertinya bisa (sy bukan pakarnya). itu knp anak kecil juga diberikan obat. dibawah 2 tahun tidak diberi obat krn efek samping obat, bukan krn tidak bisa terjangkit. jadi mari kita berhati-hati. thx

    By indah on Dec 7, 2009

  47. sangat membantu sekali bagi masyarakat khususnya bagi penderita kaki gajah

    By Amiruddin on Dec 8, 2009

  48. Anakku dah 5 hari panas. Hari ke empat tiba2 kaki kanan bengkak. Blum cek darah sih buat kaki gajah.. Saya harus kemana yaah

    By Inaz on Dec 14, 2009

  49. Pengobatan kaki gajah dapat dilakukan dengan jamu, insyaallah. Jamu ini dikemas dalam kapsul. Sebagian kapsul diminum dan sebagian lainnya dipakai sebagai obat oles dengan membuka kapsulnya dan dicampur dengan sedikit air. Dari pengalaman kami rata2 pasien kami dapat sembuh dalam waktu 1 minggu dengan 3 paket kapsul, alhamdulillah. Bila Anda berkenan dengan jamu kami untuk mengobati kaki gajah, silakan kontak kami di 085731197382 atau email di jamuracik@gmail.com Terimakasih

    By zaid on Dec 18, 2009

  50. kalau sudah minum obat kaki gajah,apa tidak akan tertular walaun pun nyamuk yang menggigit telah menggigit penderita kaki gajah

    By titi on Dec 21, 2009

  51. maaf mau nanya,untuk pencegahan bisa ga minum obat cacing biasa,yg ada di apotek2?boleh tau nama obat cacing tsb?mksh bnyk

    balas: cacingnya beda. jadi ga bisa. silakan konsul dengan ahlinya…thx

    By thomas on Dec 22, 2009

  52. Saya mau nanya…dengan diadakannya pengobatan massal tiap tahun apa dpat menjamin tidak terkenanya penularan panyakit filaria ini…n apakh obt DIETHYL CARBAMAZINE CITRATE (DEC),ALBENDAZOLE n PARACETAMOL sudah cukup mempan dlm pengobatan n pencegahan filaria……tlong jwbnny ya…thanks

    By Dian on Jan 3, 2010

  53. saya dari banjarnegara,jawa tengah.
    tetangga desa saya sudah terkena kaki gajah tiga orang dan lurah sudah melaporkan kepada pihak yang berwajib.sudah satu tahun ini tidak ada tanggapan dari pihak yang berwajib.bagaimana cara pencegahan agar saya tidak tertular.trims….

    By ainy solecha on Feb 14, 2010

  54. saya mau tanya,sudah sekitar 2 hari kaki saya bentol bentol dan terasa gatal.sewaktu hari pertama bentolnya tidak separah pada hari kedua,sehingga saya mengangap ini hanya karena di gigit nyamuk,namun saat saya bangun tidur bentol bentol di kaki saya sudah semakin banyak.apakah ini merupakan penyakit kaki gajah?
    tolong dibalas segera.

    By kalya on Jul 4, 2010

  55. Salam hormat..
    Saya ingin bertanya, nyamuk yg tlh terinfeksi itu kira2 hidupnya akan berapa lama, trus apakah nyamuk yg tlah terinfeksi itu bisa lgsg menularkan penyakit ini pd org lain pd saat dia (nyamuk) ptma mengisap darah si penderita dan lgsg menggigit pd org lain pd saat itu jg?? Atw butuh wkt lg agar dpt menginfeksikan pd org lain. Thanks b4 ^_^

    By Uchil on Jan 5, 2011

  56. Kepada
    Yang terhormat PEMDA RIAU,
    c/q. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

    Maaf sebelumnya, di daerah Daru-Daru 3, Kel. Tangkerang Timur, Kec. Tenayan Raya, Pekanbaru, masih ada 1 (satu) orang laki-laki umur lk. 45 tahun, yang menderita penyakit KAKI GAJAH dan berkemungkinan komplikasi dgn penyakit Beri-Beri (krn bila kulit nya ditekan lama-lama, maka untuk kembali kesemua membutuhkan waktu yang lama.

    Untuk kaki gajahnya yang besar nampak sebelah kiri, sedangkan sebelah kanan, mengecil. Dan Bapak sering merasakan ngilu dan sakit pada kakinya yang besar. Bila luka, umpamya kena duri atau kaca sedikit saja, maka darah yang keluar hanya sedikit dan untuk penyembuhannya cukup lama.

    Jadi mohon hendaknya kepada Bapak2/Ibu Dinas Kesehatan untuk dapat membantu Bapak ini. Karena setahu kami, dia tidak punya isteri dan keluarga tinggal di Pekanbaru.

    Hormat kami,

    hassan rambey

    By hassan rambey on Jan 10, 2011

  57. mikum …..
    Sy mo tnya nie kira2 proses pmbengkakan pnyakit kaki gajah memakn waktu yang lma tw relatif cepat….????
    Di tunggu jawabannya ya……

    By chandra on Jan 13, 2011

  58. mau nanya ni ,beli buku tentang penyakit kaki gajah dimana ya, soalnya gue bingung mau beli gak ada ada,
    terima kasih

    By zamroni on Mar 10, 2011

  59. di daerah pamulang yang sekarang menjadi satu daerah di bawah naungan tanggerang selatan dan daerah teluk naga, sering terjangkit masalah penyakit kaki gajah..kira2 apa yg seharusnya dilakukan dinas kesehatan daerah untuk menanggulangi hal tersebut.?

    By Imu pemasaran on Mar 15, 2011

  60. Wah..
    Emank ngeri y!!!!!
    Mdh2an yg kna pykt kaki gajah ni
    bsa cepat2 sembuh, pastinya dengan usaha dan berdoa kepda tuhan,
    tapi aku mau tnya ni,,
    kalau kaki kiri kita sering sakit
    yang bisa kambuh kapan aja
    apakah ada menjurus ke penyakit itu????

    By Meisar on May 8, 2011

  61. Penyakit Kaki Gajah sebenarnya dapat dicegah dengan menghindari gigitan nyamuk seperti penangganan malaria dan DBD, dengan mencegah diri dari gigitan nyamuk akan terhindar dari penyakit yg ditularkan oleh nyamuk bukan malaria dan dbd saja cikulunya dapat dicegah juga, pemerintah sekarang sudah menjalankan program eliminasi filaria terutama pada daerah yang endemis filaria, diberikan obat pencegahan filaria yaitu DEC, Albendazole dan Paracetamol yang diminum setahun 1 x selama 5 tahun untuk membunuh cacing mikrofilaria, informasinya dapat menanyakan pada puskesmas diwilayah saudara,trims

    By afrizal on Sep 22, 2011

  1. 2 Trackback(s)

  2. Dec 23, 2008: Imunisasi Kaki Gajah Gratis — diary ku
  3. Nov 25, 2009: dcamz » Blog Archive » Gejala & Pencegahan (Filariasis) Kaki Gajah

Post a Comment