Perluas hasil pencarian dengan “reverse searching”

Friday, July 18th, 2008 – 11:44 am


Tips Kamus Orisinil

Anda bisa memperluas hasil pencarian pada kamus online Kamus Orisinil dengan mengaktifkan “reverse searching”.

Jika pilihan ini diaktifkan, sistem akan mencoba mencari kata kunci yang Anda masukkan pada tabel-tabel terkait dengan cara yang terbalik (lihat penjelasan dibawah).



Cara Kerja

Secara umum, tabel penyimpanan data kamus terdiri 2 kolom yaitu kolom “kata” (atau “prase”) dan kolom “arti”. Jadi, jika kamus yang Anda pilih adalah “English to Indonesia”, maka sistem akan mencari kata kunci yang Anda masukkan pada kolom “kata” pada tabel “English to Indonesia”.

Namun pada saat “reverse searching” aktif, sistem juga akan mencoba mencari pada tabel-tabel yang terkait, misalnya tabel “Indonesia to English”. Namun pencarian tidak dilakukan pada kolom “kata”, melainkan kolom “arti”. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak.

Cara Mengaktifkan


Untuk mengaktifkan “reverse searching”, klik pranala “options” pada kotak pencarian. Maka Anda akan menuju halaman pengaturan pencarian. Centang “Enable reverse searching” untuk mengaktifkannya. Lalu tekan tombol “Save”.

Selamat mencoba!

Tags:

  1. 5 Responses to “Perluas hasil pencarian dengan “reverse searching””

  2. Cara downloadnya gmn? Bs g bwt nokia 6300. Trims

    By Munda on Aug 23, 2008

  3. Mas/mbak,Q mau tanya bagaimana caranya download aplikasi kamus orisil ke hp nokia 5070?”
    sesudah&sebelumnya trimakasih.

    By Tyo on Nov 10, 2008

  4. Sedanga mencoba

    By herry prihanto on Dec 9, 2008

  5. top abis deh trik2na, bwt yg mo dunlod aplikasi kamus di hp, coba aja di wap, http://prembun.mu9.net , pilih kamus, product version, kl pake m3 sering elul.

    By goehan on Jan 11, 2009

  6. Ada keberatan. Kok di kamus, kata ‘gender’ diterjemahin jadi ‘jenis kelamin’? Itu kan penyederhanaan yang ngilangin makna. Gender itu peran sosial yang diberiin berdasar jenis kelamin. Ralat aja sih… Smeoga diterima dengan lapang.

    By pamuji slamet on Oct 2, 2010

Post a Comment