Kenapa WordPress?

Friday, June 6th, 2008 – 4:35 pm

Saya sempat bingung pada saat ingin mendesain ulang Orisinil.com. Apakah saya ingin membuat dari awal, atau menggunakan framework atau CMS yang sudah ada. Lalu jika menggunakan CMS, manakah yang harus dipilih, mengingat banyak sekali CMS yang berbasis PHP. Lihat aja daftar panjangnya di sini.

Saya punya pengalaman buruk dengan PHP-Nuke sebelumnya. Saya juga sudah mencoba Drupal, dan Drupal terlalu kompleks untuk Orisinil.com. Pernah juga terpikir untuk mencoba Joomla namun belum sempat. Begitu juga dengan Textpattern dan WordPress, ingin mencoba namun belum sempat. Dan juga masih ada kemungkinan untuk software-software lainnya. Sepertinya banyak sekali pilihannya.

Kandidat

Lalu saya mencoba untuk memperkecil pilihan sehingga terpilih Textpattern, Joomla, dan WordPress (urutan tidak menunjukkan prioritas). Alasan utama memilih mereka karena “tidak terlalu kompleks”, dan saya juga melihat dari ukuran downloadnya yang relatif kecil.

Kebingungan pun muncul pada saat kandidat pilihan sudah ada. “Mana yang harus saya coba lebih dulu? Apakah saya harus mencoba semuanya?”. Bagi saya, mencoba sebuah software juga pekerjaan yang memberatkan apalagi jika harus mencoba 3 (tiga), membandingkan, dan menentukan mana yang lebih baik.

Pilihan

Agar tidak bingung kepanjangan, saya coba bertanya dengan Farid, teman saya. Karena menurut saya, dia adalah “blogger sejati” :), yang pastinya sudah punya pengalaman dengan Textpattern dan WordPress. Pertanyaan saya ke dia waktu itu adalah “portal sederhana tapi blognya juga bagus?”. “WordPress aja kalo itu”, jawabnya. “overall, buat normal blog, wp top bgt”, lanjutnya.

Dengan modal cakap-cakap itulah, akhirnya saya makin mantap dengan WordPress sebagai pilihan utama dan mulai mencobanya. Kesan pertama, simpel, keren dan easy to use! Instalasi cukup klak-klik saja, aplikasi sudah bisa dipakai, bahkan saya tidak sempat masuk ke panel database untuk create table, dan lain-lain. Hanya butuh waktu seminggu untuk buat tampilannya seperti sekarang ini. Kaseeh dah! Paling tidak, ini memang “fit” dengan kebutuhan saya saat ini.

Software juga (buatan) manusia

Ternyata ada saja kekurangan dari sebuah software. Coba saja googling dengan kata kunci “wordpress problem”, panjang sekali daftarnya. Dari hal-hal kecil hingga sebuah kata yang menakutkan, HACK. Wajar, tenang aja, yang penting ingat terus tips software soal open-source. Juga jangan lupa untuk rutin backup data. Mudah-mudahan aman sentosa :).

Sebenarnya dari beberapa kekurangan tersebut, ada yang bisa dan harus segera diperbaiki. Tentunya yang menjadi prioritas adalah kekurangan-kekurangan yang berbau “keamanan”. Pada posting-posting berikutnya saya akan mencoba memberikan sedikit tips untuk mengamankan dan mengoptimasi WordPress.

Pilihan itu (bukan) yang terbaik

Akhir kata, saya ingin memberikan catatan kalau posting ini tidak menilai bahwa WordPress lebih baik dari software lainnya. Pilihan tersebut sangat relatif dan spesifik sesuai kebutuhan saya, sehingga hasilnya bisa berbeda untuk orang lain.

Salam.

Tags: , , ,

  1. 4 Responses to “Kenapa WordPress?”

  2. saya juga pakai wp di domain induk.
    http://linuxindo.web.id dan http://lombokmedia.web.id

    By amrinz on Aug 17, 2008

  3. I love Wordpress :-D

    By Mr`PeKeN on Jun 7, 2009

  4. Joba joomla dl mas. saya yakin mas bakal menemukan banyak kelebihan dari CMS2 yang lain. lebih flexible dan gratis. contoh bs dliat di http://popeye.cmsindo.com/

    By popeye on Jun 11, 2009

  5. .,selama ini bagi saya WP memang masih yg paling simple digunakan.
    Kebiasaan menggunakan blog gratis di WP terbawa hngga domain sendiri, pake mesin WP.
    Masing2 punya kelebihan memang, tapi joomla, terlalu rumit digunakan buat pemula spt sy.:)

    By stenlymandagi on Oct 8, 2009

Post a Comment